HARI RELAWAN INTERNASIONAL ( International Volunteer Day)

 HARI RELAWAN INTERNASIONAL

( International Volunteer Day)

Hari Relawan Internasional ( International Volunteer Day) diperingati tiap tanggal 5 Desember setiap tahun.Majelis Umum PBB menetapkan hari tersebut untuk menghormati dan menunjukkan rasa terima kasih untuk relawan kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia.Kenyataan di lapangan sukarelawan selalu menjadi pihak pertama bertindak di saat kritis.Relawan selalu terdepan ikhlas membantu korban kemanusiaan untuk bertahan hidup meskipun  banyak risiko untuk relawan sendiri.





Siapakah relawan itu?

Sejatinya relawan tidak terbatas bagi mereka yang menolong di daerah bencana,konflik,atau krisis saja.

RELAWAN menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) adalah orang yang melakukan kegiatan kemanusiaan dalam bentuk tenaga,pikiran,waktu,uang,dan sebagainya dengan kehendak sendiri tanpa adanya paksaan.Hal itu menunjukkan bahwa siapapun yang terlibat dalam kegiatan menolong orang lain dengan menyumbangkan pikiran,waktu,tenaga,untuk membuat lingkungan lebih positif adalah seorang relawan.

Jutaan orang setiap tahun terdata menjadi relawan tak terkecuali di Indonesia.Anak- anak muda Indonesia menyatakan diri  siap mengikuti kegiatan sosial  kapanpun dibutuhkan,seperti kegiatan di daerah bencana,pendistribusian logistik/ bahan lain,penggalangan dana,mengumpulkan bantuan,pemberian wawasan keterampilan,bantuan psikologi,dan sebagainya.

Semangat relawan muda Indonesia ini begitu menggebu.Sungguh patut diacungi jempol karena mereka bersedia dan ikhlas terjun di lapangan,bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.Mereka menyadari bahwa untuk mencapai suatu tujuan yang lebih baik diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak,termasuk dengan para relawan.Kerja sama itu utamanya dalam hal kepedulian,kemauan,saling menghargai,dan komunikasi yang baik.Kegigihan dan semangat relawan  terbukti telah meringankan beban kemanusiaan selama ini.

Sejarah singkat Hari Relawan Internasional

Hari Relawan Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa PBB pada tahun 1985 melalui Resolusi A/RES/40/212.Sejak saat itulah Pemerintah,sistem PBB,dan organisasi masyarakat sipil bergabung menjadi sukarelawan di seluruh dunia untuk perayaan 5 Desember.

Hari Relawan Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Desember setiap tahun itu ditujukan sebagai apresiasi dan promosi atas kerja keras yang tak saling kenal dari seluruh sukarelawan.

Relawan bersatu atas solidaritas,mengembangkan solusi untuk tantangan pembangunan yang mendesak untuk kebaikan bersama.Dengan saling mendukung pada kepercayaan,kerendahan hati,rasa hormat,dan kesetaraan.

International Volunteer Day tahun 2022 ini mengambil tema "Solidarity Through Volunteering" ( Solidaritas Melalui Kerelawanan" dengan kampanye " Together,Act Niw" ( Bersama,Bertindak Sekarang).

Jadi peringatan tahun ini menyoroti kekuatan kemanusiaan yang dimiliki  untuk mendorong perubahan positif melalui kerelawanan.


Ditulis oleh Putri Bungsu

( diambil dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HARI RELAWAN INTERNASIONAL ( International Volunteer Day)"

Posting Komentar