PERAN ICE BREAKING SAAT PEMBELAJARAN

 PERAN ICE BREAKING SAAT PEMBELAJARAN

Disusun oleh : Tusilah


Ibu bapak guru,pernahkah Anda melihat peserta didik bosan mengikuti pelajaran?Atau anak- anak tampak lesu,sering menguap ,bahkan kelas mengarah tidak kondusif,gaduh,dan sebagainya? Bisa jadi itu hal biasa terjadi di kelas saat pembelajaran.Anak- anak sehabis olahraga biasanya kelelahan,saat jam- jam siang,anak kurang tertarik terhadap materi pelajaran,atau sebab lain.Jika berada pada kondisi seperti itu,guru harus cepat tanggap dan mengambil inisiatif untuk membuat anak kembali fokus.Solusi paling mudah yang bisa kita pilih adalah "ice breaking".




Apa itu ice breaking?

Ice breaking ( "memecah es") diselaraskan ke dalam pengertian umum yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencairkan suasana yang dianggap kurang nyaman menjadi nyaman sehingga peserta akan merasakan suasana yang rileks dan nyaman.


Dalam pelaksanaannya ice breaking memiliki beberapa metode.

Pertama metode ceramah,guru akan melakukan kegiatan ceramah.

Kedua,studi kasus,guru akan membentuk studi kasus kepada siswanya.

Ketiga,metode permainan,guru akan memberikan permainan untuk mencairkan suasana kebekuan/ tidak kondusif.

Metode ketiga tersebut paling banyak digunakan karena pelaksanaannya mudah,murah,dan menyenangkan.

Ice breaking memiliki banyak manfaat
1. Menciptakan suasana kondusif.KBM tidak akan berjalan lancar bila suasana tidak kondusif misalnya gaduh, kurang fokus,ngobrol dengan temannya,dan sebagainya.
2. Meningkatkan keakraban antarteman.Mungkin ada anak yang karakternya tertutup,ice breaking bisa mengubah situasi tersebut.
3. Melatih konsentrasi.
Konsentrasi menjadi kunci utama dalam melaksanakan KBM.Bila sudah konsentrasi,pembelajaran bisa berlangsung nyaman,lancar,dan produktif.
Beberapa ice breaking permainan dapat dipilih untuk mencairkan suasana.
1.Sambung Kata
   Tujuannya untuk menguji kecepatan anak dalam berpikir dan konsentrasi,melatih kegiatan antarteman.
Guru menyuruh satu anak untuk mengucap satu kata secara bebas.Kata- kata tersebut harus diucapkan secara cepat sehingga akhirnya bisa membentuk kalimat yang sempurna.

2.Rumus Benar Salah
    Tujuannya untuk melatih daya ingat dan konsentrasi,serta melatih kerja sama antarteman.
Tekniknya,kelas dibagi beberapa kelompok,misalnya satu deret menjadi satu kelompok.Fokus pada kata Benar Salah.Contohnya: guru mengatakan " berdiri- duduk" maka setiap kelompok harus melakukan gerakan " berdiri berdiri' karena kunvinya adalah benar salah.

3.Kelompok dan Baris
   Ice breaking ini sangat sederhana tetapi seru.Guru hanya perlu meminta siswa untuk membuat barisan berdasarkan aturan yang dibuat guru.Misalnya siswa harus berkelompok berdasarkan ukuran sepatu,warna favorit,bulan lahir dan sebagainya.
4.Berhitung
    Permainan ini sangat mudah dilakukan,misalnya masing- masing menyebut angka kelipatan lima,anak - anak secara berurutan menyebut angka 1- 2- 3- 4- "dor" 6-7-8-9- "dor"...dan seterusnya sampai urutan anak terakhir selesai.

5.Tepuk Tangan
    Misalnya guru mengucap: selamat pagi- anak tepuk 1x,guru mengucap selamat siang- anak tepuk 2x,guru mengucap selamat sore- anak tepuk 3x.Guru bisa mengulang dengan tempo lebih cepat,makin cepat sampai suasana meriah.
6.Yel-yel
    Cukup sederhana tetapi mampu memulihkan kondisi.Dengan melakukan yel-yel,konsentrasi akan kembali dan menumbuhkan semangat  untuk melanjutkan pembelajaran.

7.Menyanyi
    Bisa bersama- sama lebih seru,lagunya dipilih yang anak- anak paham dan dikenal,misalnya "Potong Bebek".
Kelas dibagi menjadi 3 kelompok untuk ditentukan suaranya,misalnya kelompok satu : wek wek, kelompok dua : wak wak,kelompok tiga : wok wok.Guru yang menunjuk kelompok untuk bernyanyi.

8.Marina di Menara
   Permainan ini cukup sederhana dan menghibur.Bernyanyi dengan lirik yang pengucapannya mirip sambil menggerakkan anggota tubuh secara bersama- sama.
Marina : dua tangan menempel dada seolah menunjuk saya/ aku
Menari: tangan kanan dan kiri mengembang seolah menari
Menara : kedua tangan diangkat lurus ke atas .
Merana : dua telapak tangan berada di bawah dagu.
Lirik lagunya bisa seperti ini 
     - Marina menari di atas menara
     - Di atas menara,Marina menari
     - Marina merana di atas menara
     - Di atas menara ,Marina merana
Ice breaking sangat penting untuk memecah suasana agar terkondisikan baik utamanya saat KBM berlangsung,anak- anak tidak bersemangat,ngantuk,dan sebagainya.Permainan itu sangat menarik dan anak - anak pasti senang,gembira.

Hal- hal yang perlu diperhatikan saat ice breaking :
1.Faktor waktu
    Jangan sampai memakan waktu yang lama supaya KBM tetap berjalan baik dan lancar.
2.Faktor keselamatan
    Pastikan aman ,tidak berbahaya saat permainan berlangsung.
3.Faktor edukasi
    Mengandung nilai- nilai edukasi: kreativitas,fokus,kerja sama,kekompakan,dan lain- lain.
4.Faktor peralatan
    Bila memerlukan alat,harus alat yang sederhana,mudah dicari.

Selamat mencoba,ibu bapak guru hebat!






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " PERAN ICE BREAKING SAAT PEMBELAJARAN"

  1. Ice Breaking sangat bagus diterapkan untuk mewujudkan kelas yang kondusif sehingga mereka siap mengikuti pelajaran.Sisipkan waktu sebentar bila anak- anak mulai tampak kurang kondusif.

    BalasHapus