SUMPAH PEMUDA & MAKNANYA

SUMPAH PEMUDA & MAKNANYA


Hari Sumpah Pemuda dirayakan setiap tanggal 28 Oktober.Sumpah Pemuda tersebut menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang sangat berpengaruh terhadap nasib bangsa Ibdonesia.Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan suatu pergerakan yang bertujuan untuk mobilisasi kemerdekaan Indonesia,dilakukan oleh pemuda- pemudi Indonesia.Mereka dari berbagai daerah di Nusantara,bersatu untuk mengikrarkan janji : satu bangsa,satu tanah air,dan satu bahasa.

Semangat Sumpah Pemuda dapat dijadikan sebagai motivasi dalam meningkatkan kedisiplinan dan kualitas diri generasi muda Indonesia untuk memantapkan landasan pembangunan nasional.

Tema Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 adalah " Bersatu Bangun Bangsa" dilengkapi dengan logo.Adapun makna / Filosofi logo tersebut sebagai berikut:

* Karakter logo ( angka 94),menggabungkan warna dalam logo itu melambangkan bahwa Indonesia mempunyai keberagaman suku,adat,dan budaya.

* Garis: filosofi garis putih dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo mempunyai makna kesatuan dan mengisyaratkan keberagaman.

* Lingkaran:bentuk lingkaran O mengisyaratkan kepalan tangan yang mengandung filosofi semangat persatuan bagi para pemuda.

*Dua garis:garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas menggambarkan semangat pemuda- pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

 Sejarah singkat Sumpah Pemuda


Kongres pemuda pertama kali dilaksanakan tanggal 30 April - 2 Mei 1926.Selanjutnya Kongres Pemuda kedua dilaksanakan tanggal 27- 28 Oktober 1928 di Batavia.

Tujuan Kongres Pemuda II itu adalah:

- Melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda Indonesia.

- Membahas beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia

- Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia

Kongres kedua tersebut lebih banyak diikuti peserta di antaranya Katholikee Jongelingar Bond,Perkumpulan Pelajar Pelajar Indonesia ( PPPI), Jong Sumatranen Bond, Jong Java,Jong Bataks Bond, Jong Celebes,Jong Islamiten Bond,Pemuda Indonesia,Jong Ambon,Pemuda Kaum Betawi,dan lainnya.


Pada rapat ketiga tanggal 28 Oktober itu,Soenario menjelaskan pentingnya demokrasi dan nasionalisme.Sedangkan Ramelan menjelaskan bahwa gerakan kepanduan tidaj terpisahkan dengan pergerakan nasional.


Rumusan hasil Kongres Pemuda II itu diumumkan dengan nama Sumpah Pemuda,mereka ikrarkan sebagai sumpah setia.

 Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda  bagi bangsa Indonesia sebagaimana terdapat di Gramedia.com yaitu:

1.Sebagai titik awal perjuangan pemuda dalam menyatukan bangsa Indonesia.

2.Menekankan fungsi bahasa Indinesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

3.Memberi pesan untuk selalu menjaga keutuhan bangsa.

Bagi generasi muda sekarang makna Sumpah Pemuda intinya untuk mengisi pembangunan yaitu untuk saling menghormati dan menghargai antarsuku,ras,agama,dan budaya,serta menjaga toleransi.

Implementasi dalam hidup keseharian juga sangat penting.Budaya gotong royong,saling menolong antarwarga hendaknya dijaga dan ditingkatkan.Komunikasi antarwarga juga sangat penting dan mudah di era teknologi informasi sekarang ini.Namun demikian harus ada filterisasi  dalam berargumentasi dan bernarasi yang pisitif dan menjauhkan dari narasi yang negatif apalagi yang mengarah ke memecah belah.Selalu bersikap sopan dalam  bertutur  apalagi saat mendapati  pandangan yang berbeda.Hindari menghujat dan menghina.Berperan aktif menghentikan penyebaran hoaks yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Terpenting dari peringatan Sumpah Pemuda ini,generasi penerus bangsa lebih mencintai penggunaan bahasa  Indonesia secara baik dan benar dalam berkomunikasi.Mencintai produksi dalam negeri untuk menggerakkan ekonomi rakyat dan bersiap  #go_global.Melestarikan kebudayaan lokal yang membanggakan dan menjadi daya tarik wisnu maupun wisman.













( Disusun oleh Tusilah,S.Pd. disarikan dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SUMPAH PEMUDA & MAKNANYA"

  1. Mari perteguh janji sesuai ikrar Sumpah Pemuda 1928 lalu.Perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,jangan mau diadu domba .

    BalasHapus